TIPS MENANG KUIS!

Halooo.. selamat malam! Khususnya para Kuter's (sebutan untuk orang yang gemar ikut kuis) yang malam ini mungkin masih sibuk mempersiapkan jawaban, atau apapun untuk ikut kuis-kuis besok! \(^-^\) Yep, semangat!

Disini, saya mau berbagi tips untuk ikut kuis yang MUNGKIN masih banyak banget kita lupain. Hanya tulisan sederhana yang semoga saja bisa mengingatkan. Oke, kita langsung masuk ya ke TIPS-nya.

PERTAMA:
Pilih kuis dengan teliti dan bijak. Sekarang udah merajalela akun-akun palsu yang demen banget php! atau cuman cari sensasi. Ngadain kuis, dengan hadiah yang wow, bikin para Kuter's semangat, eh tau-taunya cuman tipuan, tiba-tiba akunnya udah nggak update lagi, atau nggak milih pemenang yang asal, yang akunnya abal-abal pula. Yang kayak gini emang ngeselin, pasti tiap Kuter's yang udah sering melalangbuana di dunia perkuisan pernah ngalamin ini. Begitu pun saya. Walaupun pas itu, hadiahnya bukan mobil, rumah, atau kapal pesiar. Tapi, hadiahnya bingkisan yang berisi produk. Udah dimintain nama, alamat, no telp, taunya tuh hadiah nggak sampai-sampai! Bikin berharap bangeettt, kan. Di rumah udah nungguin, taunya nggak dateng. Dan, ternyata, itu emang akun cari sensasi. Nyuruh peserta kuisnya mention followersnya untuk ikut follow tuh akun, taunya usahaku ini hanya dibalas dengan sebuah kebohongan. *hiks* Oke, gapapa, pengalaman, yakan untuk berhati-hati! :D

Sebelum ikutan, kalian harus cek baik-baik tuh, ini akun emang sering ngadain kuis atau nggak. Terus cek juga postingan orang-orang di akun itu, apakah benar hadiahnya memang betul-betul sampe rumah mereka atau ternyata mereka posting tulisan yang berisi makian. Biasanya, kalau akunnya abal udah kecium baunya dari awal. Pertama, kurang terkenal dan jarang update. Kedua, hadiahnya nggak masuk akal sama tantangan yang diberikan. Misal, like foto ini, semua yang like akan diundi dan yang beruntung akan dapat rumah besar nan mewah di daerah Pondok Indah. Huehehe... Ya gitu, deh. So, kita hati-hati aja ya, teman. Dunia ini tidak keras, hanya saja butuh perjuangan.*ciaah..*

KEDUA:
Niat dong! Ikut kuis tuh jangan setengah-setengah, atau malas-malasan. Hasil nggak akan maximal. Misal, ada kuis yang nantang para pesertanya untuk berkreasi bikin suatu barang yang bisa dipakai dari bungkus kemasan itu. Kalau hati udah memantapkan untuk ikut, niat pun berulang kali terucap, kalian pasti akan melakukan dengan maximal. Dengan sepenuh hati, dan hasilnya juga akan baik. Kalian bakal berpikir keras untuk membuat sesuatu yang unik, beda dari yang lain, walaupun kalian harus berkorban ngeluarin uang untuk beli aksesoris pendukung. Niat juga yang akan bikin kita tambah semangat. Karena semangat juga akan menentukan apakah kita akan memberikan yang terbaik atau tidak. Kalau udah niat, yaa laksanain, ya!

KETIGA:
Teliti dalam membaca peraturan. Nah, kalau udah niat mau ikutan sebuah kuis, yang ini penting banget nih! Jangan jadi kuter's yang nyebelin ya, yang nanyain hal-hal yang udah JELAS-JELAS DI POSTING DI BAGIAN S&K. Misal, setiap peserta hanya diperbolehkan mengirim satu foto. Jangan sampe kalian komentar "Min, boleh kirim lebih dari satu, kan?"
Hmm.. Terus, teliti juga ya hal-hal yang jadi penilain juri (kayak kuis adu kreatifitas). Jangan sampai ketidaktelitian kita malah ngebuat kita jadi di diskualifikasi langsung :( Kalau kita teliti dan mematuhi tiap peraturan yang dibuat, peluang untuk menang makin terbuka besar! Yo, semangat!

KEEMPAT:
Jangan ngerepotin orang lain secara terus menerus dan jangan malas! Sekali-kali, dalam frekuensi yang nggak sering, kita boleh banget minta pertolongan orang lain untuk ngejelasin maksud dari kuis itu, atau pun minta bantuan berupa masukan. Pernah saya diginiin sama orang, "ih aku pengin dapet kamera! aku harus menang di kuis ini!" terus dia sibuk baca-baca syaratnya gituu, gak lama dia bilang, "kamu enak ya, sering menang. Bantuin aku dong, kamu kan sering menang. Nih, pake akun aku, ikutan aja pake akun aku."

Hah? Hello... Usaha lu yang akan menuainya ya lu sendiri. Ayodong, jangan males juga untuk ikutan. Terus dengan anggunannya saya jawab, "yang ikut kuis siapa? coba dong, kamu aja yang ikutan. kebetulan aku nggak tertarik sama kuis begituan."
Terus dia nyahut lagi, kali ini dengan muka agak bete. "Ih, aku kan nggak ngerti sama ginian. Nggak mau bantuin banget, sih."

Ampunilah ia ya Allah. Kalau dia minta bantu retweet, like, share, atau nerangin maksud dari kuis itu, okelah. Ini, minta dibantu semuanya! Lah, terus usahamu apa, nduk?

"Ah, yaudah deh aku juga males ikutannya. Nggak ngerti." Dia mengakhiri semua pembicaraan ini dengan tampang yang masiiiih bete.

Waduh...

KELIMA:
Be kreatif. Ini juga nggak kalah penting. Kalian harus mampu buat sesuatu yang berbeda, unik, kreatif. Kayak misal ditantang untuk bikin puisi, jingle, video, gambar/foto. Usahakan sekreatif mungkin agar juri tertarik.

KEENAM:
Lagi, lagi, dan lagi. Kalah udah biasa bagi para Kuter's. Gagal udah jadi teman sehari-hari bagi para Kuter's. Sekalinya udah menang di berbagai tempat, pasti ada yang komentar, "wiih enak ya menang terus." Tahukah anda, commenters? Berapakali mereka gagal, kalah, tersikut, jatuh? Sering.

Ada seorang kuter's yang di mata saya dia selalu lucky. Menang teruzzz.. Pas ditanya, dia cuman jawab, "menang sering, kalahnya lebih sering lagi." Gitu katanya. Jadi, dia sering ikutan banyaaaak kuis dan gak semua kuis dia menangin. Intinya sih, jangan cuman sekali ikut, terus kalau kalah, udah nggak mau ikut lagi. Ikut kuis juga bisa ngasah kreatifitas, optimisme, dan semangatme (?) wahaha.. mental juga akan terbentuk untuk selalu berhadapan dengan kekalahan. Kalau udah sering kalah, rasanya kalah itu sesuatu yang biasa aja. Jadi, kalau kalah atau gagal, coba lagi. Belum tentu kalian kalah di kuis selanjutnya. Pantang menyerah. Lakukan yang terbaik.

KETUJUH:
Usaha dan doa. Ada usaha ada hasil. Ada doa ada keajaiban. Hal ini mah, nggak usah dijelasin juga semua pasti udah tahu kalau kedua hal ini berpengaruh banget pada kesuksesan/kemenangan seseorang. Kita boleh terbang setinggi langit, tapi tetap harus berdoa. Karena di setiap kejadian selalu ada tangan Yang Maha Esa yang ikut campur membuat kejadian itu terasa lebih indah. Doa-lah yang terbaik, dan mohonlah agar kalian dimenangkan di acara kuis yang baik-baik, yang benar, dan yang tidak punya niat jahat sama Kuter's nya. :)

Gimana? Mungkin itu tips sederhana, tapi itu penting!
Ayo, semangat! Ikut lomba, kuis, atau apapun namanya, itu seru! Kreativitas kita bisa terus diasah.

Semoga nggak bosan untuk ikutan kuis. Dan, selamat berjuang!

(^0^9)9

Sumber gambar:http://wardhanime.net/2013/01/mangirl-episode-1-subtitle-indonesia.html


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[REVIEW BUKU-SHOOTING STAR BY VERONICA GABRIELLA]

[REVIEW] NOVEL MR AND MRS WRITER BY ACHI TM

RESENSI FANTASTEEN SCARY-HALTE ANGKER- BY DYAH APRILIANI